Paket Tour di Jogja

Museum Perjuangan Yang Ada Di Yogyakarta

Sebagai salah satu wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Yogyakarta juga mengalami masa-masa perjuangan fisik melawan penjajahan Belanda. Pertemuran-pertempuran yang berlangsung dikawasan ini tercatat di dalam sejarah berdirinya NKRI. Selain perjuangan fisik, perjuangan secara diplomasi pun juga terjadi di kawasan ini yang mana para bapak bangsa menyusun strategi untuk menghadapi Belanda di meja perundingan. Kesemua perjuangan itu saat ini tersimpan dengan baik di museum-museum yang tersebar di Yogyakarta. Museum-museum tersebut antara lain: Museum Monumen Yogya Kembali (Monjali), Museum Benteng Vredenberg, Museum Perjuangan, Museum Jenderal Sudirman, dan masih banyak museum lainnya. Dala martikel ini kami akan membahasnya secara singkan kepada Anda.

  1. Monjali

Museum Monumen Yogya Kembali atau biasa di singkat Monjali merupakan salah satu museum perjuangan yang ada di provinsi ini. Terletak di Jl. Monjali, Ngalik, Sleman, Yogyakarta, bangunan ini didirikan untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan nyawa mereka demi kemerdakaan Republik Indonesia. Monumen ini berdiri di sebuah kawasan yang cukup luas. Bangunanya sendiri menyerupai tumpeng atau kerucut dan terdiri dari 3 lantai yang dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Monumen Yogya Kembali dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dan berisikan berbagai macam benda-benda perjuangan seperti senjata, peta, alat perbekalan dan juga tandu yang dipakai oleh Jenderal Sudirman saat bergerilya. Selain itu di lantai dua terdapat berbagai diorama perjuangan bangsa Indonsesia saat mengusir penjajah.

  1. Benteng Vredenberg

Museum selanjutnya adalah Museum Benteng Vredenberg. Museum yang berada di dalam kawasan Benteng Vredenberg ini merupakan museum perjuangan yang juga berisikan sejarah perjuangan rakyat Indonesia. Memanfaatkan bangunan bekas benteng Belanda. Museum ini terdapat di beberapa bangunan yang ada di dalam kawasan benteng. Di dalam bangunan tersebut dapat dilihat berbagai macam diorama yang menggambarkan berbagai macam bentuk perjuangan bangsa ini. Terdapat pula benda-benda koleksi perjuangan lainnya yang tersimpan dengan rapi di dalam museum ini.

Demikianlan penjelasan mengenai museum-museum perjuangan yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berlibur dan juga belajar mengenai perjuangan bangsa ini. Masih banyak lagi museum-museum yang menceritakan mengenai perjuangan rakyat Indonesia yang akan kami bahas dilain kesempatan dan bisa menjadi paket tour di Jogja.